Sebagai seseorang yang memiliki hobi makan, saya senang mengunjungi restoran yang menyajikan makanan unik. Salah satu kegemaran saya dulu adalah restoran cepat saji Hoka Hoka Bento. Saya mengenalnya saat SD dimana dekat rumah terdapat satu mall kecil yang memiliki gerai Hoka Hoka Bento. Pertama kali mencoba saya langsung jatuh cinta dengan rasanya. Pada era tahun 1990 an dulu belum banyak variasi teman makan cepat saji. Namun yang sempat menjadi pertanyaan, apakah benar HokBen restoran halal? Karena banyak selentingan di luar restoran tersebut menyajikan makanan yang tidak halal. Entah dari bumbu atau dari bahan-bahan yang digunakannya.

HokBen Restoran Halal

Sampai kemarin saya menghadiri undangan acara sosialisasi HokBen Restoran Halal, yang diadakan di HokBen Restoran Jl. Kaliurang KM.5,5 Sleman. Banyak info baru yang saya dapatkan sepanjang acara. Salah satu informasi adalah mengenai Hoka Hoka Bento yang telah resmi merubah namanya menjadi HokBen. Sesuai dengan yang biasa disebut oleh para penggemarnya sehingga menjadi lebih mudah disebut. Ada juga cerita riwayat awal mula HokBen berdiri.

Ternyata HokBen telah berdiri sejak tahun 1985 dengan outlet pertamanya di Jl. Kebon Kacang – Jakarta. Di bawah management PT. Eka Bogainti, HokBen telah berkembang sangat pesat menjadi restoran makanan ala Jepang cepat saji dengan jaringan terbesar di Indonesia, hingga saat ini tidak kurang dari 114 outlet Hokben telah tersebar di P. Jawa dan Bali.

hokben1985

Dengan pengalaman malang melintang di dunia kuliner lebih dari 30 tahun, telah mengukuhkan HokBen sebagai salah satu restoran yang berhasil menjaga kualitas makanan dan pelayanannya. Setiap outlet HokBen yang saya kunjungi hampir selalu terisi penuh oleh pengunjung. Karena variasi pilihan makanan di restoran inipun sangat banyak. Seluruh keluarga atau kelompok teman bisa memilih masing-masing sesuai seleranya.

Dan bukan hanya itu saja, HokBen berkembang dengan melihat kebutuhan pasar. Selalu melahirkan inovasi baru dengan mengikuti tren yang ada. Kini mereka telah memiliki website resmi yaitu www.hokben.co.id dimana seluruh menu dan fasilitas layanan yang ada lengkap disajikan.

webhokben1

Kini selain bisa menikmati HokBen di restoran, ada juga fasilitas delivery dengan pilihan cara pemesanan yang sangat mudah. Lalu yang lebih keren lagi, bila kita melihat-lihat menu di website ini, dan klik pilihan ‘Lihat Selengkapnya’ yang ada di bawah tiap menu, maka kita akan mendapatkan informasi gizi dari makanan yang kita pilih.

webhokben2

webhokben3

Hampir seluruh menu HokBen saya coba, namun ada satu yang belum pernah dan ingin sekali saya kunjungi yaitu HoKafe atau Hokben Kafe. Sesuai dengan tema kafe-nya, menurut informasi disini menyajikan menu varian kopi. Haduduh pas banget dengan selera saya dimana saya bisa ngopi sekaligus makan enak di satu tempat saja.

hokafe

Nah kembali ke awal cerita saya dimana berita HokBen adalah bukan restoran halal sangat santer sekali terdengar, di acara inipun dipaparkan dengan jelas untuk meluruskan hal tersebut. Tidak main-main yang datang untuk menjelaskan langsung adalah Ibu Ir. Osmena Gunawan, beliau menjabat Wakil Direktur LPPOM MUI (Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia) Pusat dan Direktur LPPOM MUI DKI Jakarta. Beliau berbagi tentang Sistem Jaminan Halal & Pengenalan Sertifikasi Halal, dimana gamblang dijelaskan bahwa HokBen Restoran Halal adalah benar adanya. Bahkan beliau juga mengklasifikasikan Sistem Jaminan Halal (SJH) HokBen dalam kategori A atau sangat baik

Bila ditanya, mengapa HokBen bisa halal? Semua kembali kepada dasar hukum ‘Halal’ yaitu Surat Al-Baqarah 168, dimana asal kata halal adalah ‘Halla’ yaitu hal-hal yang boleh karena bebas atau tidak terikat dengan ketentuan yang melarangnya. Lalu untuk melengkapi ke-halal-an suatu makanan adalah ‘Thayyib’ yang berarti lezat, baik, sehat, menentramkan dan utama berasal dari bahan sehat dan aman. Di Hokben, dasar Halal dan Thayyib yang dimaksud di atas sudah terpenuhi.

LPPOM MUI sendiri memiliki auditor dengan keahlian khusus akan menyelidiki setiap makanan yang didaftarkan melalui proses pelacakan yang hati-hati. Kemudian untuk dapat lulus sertifikasi Halal, maka harus penuhi tiga hal utama, yaitu :
1. Jujur
2. Menggunakan bahan halal
3. Tercatat dan mudah ditelusuri.

Hal-hal tersebutlah yang harus teruji bahwa benar Hokben restoran halal, selain Kriteria SJH (Sertifikat Jaminan Halal) yang berisi 11 butir.

11 Butir yang dipenuhi oleh Hokben Restoran Halal

Sebagai tambahan, selain memasok daging impor dari vendor yang sudah diaudit halal, upaya HokBen juga termasuk melakukan penyesuaian menu, bahan baku, bumbu, pewarna, dan memenuhi seluruh persyaratan lain. Semua itu dijaga dengan solid sehingga HokBen selalu lolos dalam setiap audit dua tahunan yang dilakukan LPPOM MUI. Hokben Restoran Halal telah mendapat sertifikasi sudah sejak tahun 2008, dan rutin diperpanjang setiap dua tahun sampai dengan kini.

Dengan demikian terjawab sudah yang selama ini menjadi pertanyaan banyak orang. Tentunya kini kita bisa mulai menikmati berbagai varian nikmat Hokben dengan tenang. Menu favorit saya adalah SEMUANYA ! 😀 bagaimana dengan kamu ?

Benarkah Hokben Restoran Halal ?

One thought on “Benarkah Hokben Restoran Halal ?

  • June 27, 2016 at 12:30 pm
    Permalink

    Wah buzzer Hokben nih! :))

    Hahaha… duh baca ini siang2 jadi laper dehhh…

    :p

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *