All Around

Pengumuman Pemenang Giveaway : 8 Tahun Yang Menyenangkan

Pengumuman Pemenang

Haluuu haaaluuuu !

Sesuai dengan janji saya di Ulang Tahun Kopisusu kemarin, saya akan mengumumkan pemenang untuk Mini Giveaway-nya. Senang sekali bisa kenal dengan banyak teman baru yang support dan mengucapkan selamat untuk Kopisusu. Berikut yaa untuk nama-nama pemenangnya :

1 orang Juara Pertama

Noer Ima Kaltsum
blogpost : Dengan Menulis Hidup Lebih Berarti Dan Bermanfaat

2 orang Juara Kedua

β€’ Intan Novriza Kamala Sari
blogpost : Ala Bisa Karena Biasa

β€’ Jampang
blogpost : Tanpa Utang, Hati Senang, Hidup Tenang

1 orang Hadiah Hiburan

Tri Wahyu Handayani
blogpost : Berselancar Menembus Batas Berkat Modem

16-05-01-14-27-34-875_deco
Bagi para pemenang, diharapkan mengirimkan nama & alamat jelas serta notelp yang bisa dihubungi untuk saya kirimkan hadiahnya, via email ke : dr.tunjung@gmail.com

Selamaaat bagi semua pemenang. Terimakasih banyak untuk semua atensi dan partisipasinya, semoga makin kreatif, produktif, dan bermanfaat bagi orang banyak yaa ! πŸ˜€ πŸ˜€

If you like it, share it ..
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Standard
All Around

Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Nyicil Masa Depan

nyicil masa depan

Kapan sih waktu yang tepat untuk nyicil masa depan?

Tapi sebelumnya sudah tau belum, kalau uang kita bisa beranak-pinak looh

Hah, serius?! Bukannya yang bisa beranak pinak hanya makhluk hidup seperti manusia atau hewan ya?

Tuhkan makanya, sini ngobrol sama saya tentang bagaimana uang itu bisa beranak-pinak. Jadi kita bisa mulai Nyicil Masa Depan deh.

Duh apalagi itu Nyicil Masa Depan ?

Jadi kalau sudah baca postingan saya sebelumnya tentang Modal Kecil Untung Besar Dari Emas sudah ada bayangan ya, bagaimana pentingnya menabung dan investasi harta kita.

Kenapa sih harus repot-repot investasi kalau pekerjaan kita sudah aman dengan penghasilan yang mencukupi kebutuhan atau bahkan lebih?

Tuh kan tuh kan, selalu deh ada alasan untuk menunda investasi. Coba deh duduk dan berpikir dengan tenang, lalu bayangkan hal ini.

Insyaf

Berapa usiamu sekarang? Baru 25 atau sudah 35 tahun? Dengan rata-rata usia produktif di Indonesia yang diperkirakan sekitar 60 tahun itu, berarti masing-masing kita hanya punya waktu 35-25 tahun lagi untuk mempersiapkan hari PENSIUN.

Tau kan PENSIUN itu apa ? Adalah kondisi dimana pendapatkan kita akan terhenti, tapi pengeluaran hidup kita terus berjalan.

Coba hitung-hitungan lagi ya. Dalam sisa 25 tahun bekerja, berapa yang kira-kira kita bisa sisihkan setiap bulan dari uang gaji kita.

Rp.500.000,- atau Rp.1.000.000,- ?

Kalau iya, berarti dalam setahun kita dapat :

Rp.6.000.000 – Rp.12.000.000 per tahun.

Kalikan 25 tahun akan mendapat angka Rp.150.000.000 – Rp.300.000.000 setelah kita menabung selama 25 tahun.

Itu belum dikurangi bila ada kebutuhan lain-lain, misal pendidikan anak, pemeliharaan rumah, kebutuhan untuk orang tua kita atau kesehatan kita sendiri. Ditambah pengeluaran dasar lain misal keperluan bulanan dan makan. Itu belum termasuk biaya liburan loh.

Bila kita mengeluarkan biaya Rp.50.000,- saja untuk makan per hari. Berarti andai kita pensiun di usia 60 tahun lalu meninggal di usia 80 tahun, selama 20 tahun tersebut untuk biaya makan saja kita akan membutuhkan :

Rp.50.000,- x 30 (hari) x 12 (bulan) x 20 (tahun) = Rp.360.000.000 kaaak !

Tekor Rp.60.000.000,- dari tabungan yang kita kumpulin bertahun-tahun itu. Jangan lupa, masih ada inflasi nilai uang loh ya, yang rata-rata 10% per tahunnya.

Sudah Insyaf belum?

Kalau sudah Insyaf, sudah menyadari ya bahwa nyicil masa depan itu harus dimulai dari sekarang. Lalu selanjutnya bagaimana?

Irit

Salah satu cara kita menekan pengeluaran sehingga uang yang bisa disimpan dapat lebih besar adalah dengan berhemat. Untuk berhemat kita harus sadar apakah barang atau apapun yang ingin kita beli adalah memang kebutuhan atau hanya sekedar keinginan belaka.

Contoh ada tas dengan fungsi, warna, bahan dan ukuran yang sama tetapi beda merk. Tas yang satu seharga Rp.300.000,- sedangkan tas merk lainnya seharga Rp.3.000.000,- tinggal pilih pakai hati deh mana yang kira-kira akan kita pilih πŸ˜€ dan ada berbagai produk dengan prinsip pemilihan yang sama. Tinggal bagaimana kita bisa mengendalikan diri kita.

Kalau kamu sudah berhasil Irit, sekarang saatnya berpikir untuk –

Pay yourself first

Pay yourself first adalah dengan merubah prioritas kita — dari belanja dulu, baru menabung menjadi menabung dulu baru belanja. Jadi sisihkan dulu uang kita untuk menabung, lalu sisanya baru digunakan untuk belanja agar hasil menabungnya maksimal.

Prinsipnya apakah kita sudah memaksimalkan semua kemampuan kita untuk membiayai diri sendiri? Pernahkah terpikir bahwa selain diri sendiri yang bekerja, uang simpanan kita juga bisa diberdayakan agar ‘bekerja’ untuk kita. Disinilah kita perlu melakukan investasi.

Iya memang dalam investasi itu ada kemungkinan bisa UNTUNG tapi bisa juga kemungkinan RUGI. Tapi bila kita tidak investasi, sudah jelas kita RUGI karena uang diam tidak dapat melawan inflasi.

Semua pasti sudah sering dengar berbagai jenis investasi. Tapi biasanya kita sudah malas duluan untuk mencari tahu dengan detail bagaimana prosesnya atau apa saja keuntungan-keuntungan yang bisa kita dapat dari sana.

Bagi para investor pemula tentunya kita ingin coba bentuk investasi yang mudah, terjangkau, aman dengan risiko kecil. Kalau memang hal itu yang dicari, maka bentuk investasi Reksa Dana Pasar Uang-lah jawabannya.

Mengapa Reksa Dana Pasar Uang? Karena disini kita sebagai investor dapat leluasa memilih risiko yang diinginkan. High Risk – High Return dan sebaliknya.

Bila dibandingkan dengan bentuk investasi Deposito, Reksa Dana memiliki keunggulan yaitu bukan objek pajak – jadi hasil investasi Reksa Dana tidak dipotong pajak dan memiliki sifat likuid – alias bisa dicairkan kapan saja.

Pasar Modal di Indonesia sendiri ternyata hanya dinikmati sekitar 0,2% saja oleh penduduk Indonesia. Berarti 99,8% nya masih dinikmati oleh pihak asing. Oleh karena itu kesempatan bagi kita untuk berinvestasi disana masih terbuka lebar.

Dengan keuntungan bersih mencapai 7% per tahun tentunya akan menjadi kesempatan yang baik bagi untuk mempertahankan bahkan meningkatkan nilai uang kita untuk melawan inflasi.

Salah satu pengelola atau Manajer Investas untuk Reksa Dana adalah PT. Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI). Di MAMI program Pasar Uang yang saya maksud di atas dikenal dengan Manulife Dana Kas II, pengelolaan program ini dilakukan oleh Manajer Investasi – lalu diadministrasikan oleh Bank Kustodian. Baik Manajer Investasi dan Bank Kustodian diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Manajer Investasi adalah perpanjangan tangan kita untuk melakukan investasi atas harta (unit) yang kita miliki, lalu mencari keuntungan dari padanya. Untuk lebih jelas apa itu Manajer Investasi, Bank Kustodian bisa cari tau disini atau simak video berikut ya :

Dalam program Manulife Dana Kas II hanya dengan Rp.100.000,- kita sudah bisa merasakan pengalaman berinvestasi.

Perhitungan dalam reksadana harga 1 unit adalah Rp.1,000,- sehingga dengan Rp. 100.000,- kita bisa membeli 100 unit yang akan ‘diputar’ oleh Manajer Investasi.

Berbagai kemudahan dalam menjalankan program MDK inipun diberikan oleh Manulife bagi para investornya :

P_20160517_164620_HDR

1. Registrasi Full Online

Untuk mendaftar kita cukup klik www.klikMAMI.com

β€’ Mengisi formulir dengan data yang diminta
β€’ Upload Kartu Tanda Penduduk
β€’ Tunggu dihubungi oleh Costumer Service MAMI dalam waktu paling lama 2 x 24 jam saja. Dari sana kita akan dipandu untuk menyelesaikan registrasi secara lengkap, tanpa perlu tandatangan basah, kirim fisik dokumen dan lain-lain.
β€’ Sudah siap bertransaksi !

2. Beli unit Reksa Dana

β€’ Pilih produk yang ingin dibeli, tanpa biaya penempatan
β€’ Tentukan nominal pembelian & cara bayar
β€’ Selesaikan transaksi

3. Cairkan kapan saja atau ingin beralih ke yang lain ? Bisa banget !

Pencairan adalah penjualan kembali unit Reksa Dana Manulife yang sudah kita miliki. Cukup beberapa klik saja dan dana pencairan akan ditransfer ke rekening bank kita yang sudah terdaftar. Minimal pencairan adalah 100 unit.

4. Manajemen risiko

β€’ Penempatan investasi melalui proses investasi ketat
β€’ Selalu dilakukan monitoring dan review terhadap proses investasi

Mudah sekali kan ! Lalu selanjutnya pengawasan dan perlakuan atas akun reksadana kita dapat dilakukan melalui gadget kita masing-masing.

P_20160517_164841_HDR

Memang banyak hal yang harus dipelajari bagi yang baru akan nyemplung ke bidang ini, tapi semua itu bisa dipelajari dan tersedia informasi sejelas-jelasnya disini mulai dari penjelasan apa itu Reksa Dana, pengorganisasian, keuntungan sampai dengan risiko kerugiannya. Kalau masih belum jelas juga, kontak langsung MAMI untuk panduan lebih lanjut. Mereka akan selalu terbuka untuk semua pertanyaan sampai kita benar-benar yakin.

Selain itu MAMI juga merupakan Manajer Investasi yang berdiri sejak 1996 jelas berpengalaman dan sudah membuktikan ketangguhannya bertahan melewati beberapa kali krisis moneter yang terjadi di Indonesia.

IMG-20160430-WA0006

Jadi bagaimana dengan kamu, sudah siapkah berinvestasi?

Boleh banget yaa dicoba investasi jenis ini. Semoga bisa menghasilkan yang jauh lebih baik dari investasi sebelum-sebelumnya, sehingga uangnya bisa beranak-pinak dengan subuuuur dan kita bisa nyicil masa depan dengan semangat ! πŸ˜€ πŸ˜€

If you like it, share it ..
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Standard
All Around

Modal Kecil Untung Besar Dari Emas

Modal Kecil Untung Besar Dari Emas

Bicara soal anak tidak akan ada habisnya, seperti halnya anak saya Adam yang tahun ini genap berusia 5 tahun. Sebagai orang tua pada umumnya, timbul rasa gelisah akan berbagai kebutuhan anak yang secara langsung berhubungan dengan keuangan. Adam akan segera masuk usia sekolah 1 atau 2 tahun mendatang, untuk itu biaya pendidikan dan kebutuhan-kebutuhan lain harus saya persiapkan sejak dini.

Seperti data yang dikeluarkan QM Financial dengan hasil survei dari 40 sekolah di Jabodetabek, ditemukan adanya kenaikan uang pangkal SD antara tahun 2009 hingga 2013 berkisar antara 5% sampai 50% per tahun. Lebih mudahnya dapat ditarik perhitungan kasar, besarnya uang sekolah yang akan dituju akan mengalami inflasi atau kenaikan biaya dengan 10% hingga 20% per tahun. Bukan main, padahal penghasilan kita belum tentu mengalami kenaikan 20% tiap tahunnya.

Nielsen - Biaya Pendidikan

Pengalaman saya pribadi, tidak kalah mengagetkan, ketika beberapa waktu yang lalu melakukan survey beberapa TK (Taman Kanak-Kanak) di Jakarta, ternyata dana yang harus disiapkan untuk masuk menjadi siswa TK saja sekarang berkisar antara Rp. 5,000,000,- hingga Rp. 10,000,000,-. Diluar biaya ekskul atau kegiatan-kegiatan non formil lain dari sekolah. Saya langsung berkunang-kunang membayangkan biaya sekolah untuk anak kedua nanti, paling cepat masuk usia sekolah 6 tahun mendatang

Kita dapat lakukan simulasi biaya :

Bila usia anak kita kini 1 tahun, dengan dana masuk TK tahun ini sebesar Rp. 5,000,000,- maka ketika anak kita menginjak usia masuk TK yaitu 3 tahun mendatang dengan inflasi pendidikan 20% per tahun, maka dana yang harus disiapkan nanti adalah sebesar Rp. 8,600,000,-.

Dari Rp. 8,600,000,- tersebut dibagi rata-rata biaya yang harus ditabung selama 3 tahun (36 bulan) maka paling tidak kita harus menyisihkan sekitar Rp. 240,000,- / bulan.

calculator

Inilah yang β€˜memaksa’ saya berpikir cepat mencari pilihan tepat untuk menabung. Mencari investasi di produk keuangan yang solid yang dan dapat melawan inflasi. Untuk yang belum berkeluarga mungkin akan lebih mudah dalam menyisihkan sebagian pendapatannya dikarenakan jenis kebutuhan yang masih mendasar. Namun berbeda dengan yang sudah berkeluarga, dengan banyaknya kebutuhan dan kepentingan, bukan hanya untuk diri sendiri namun juga anak lalu orangtua kita dan pasangan atau lingkup yang lebih luas lagi yaitu kepentingan keluarga besar atau lingkungan.

Pendapatan setiap bulan harus dikurangi berbagai kebutuhan utama dulu baru bisa saya sisihkan untuk menabung. Untuk tabungan konvensional jelas bisa menjadi alat dalam menabung, namun tidak bisa saya harapkan pertambahan nilai dari uang yang ditabung.

Coba saja belum 1 tahun yang lalu, saya bisa membeli gorengan seharga Rp. 300,- namun kini saya harus membayar Rp. 500,- untuk jenis gorengan dan di tempat yang sama.

Sebenarnya kini sudah banyak pilihan investasi skala kecil sampai besar. Persyaratan dipermudah, dan tidak jarang diberikan pendampingan. Sayapun pernah mencoba beberapa jenis asuransi pendidikan, misalnya. Tapi karena memang kondisi finansial kami yang belum stabil, beberapa kali berhenti di tengah jalan. Ujung-ujungnya dana yang disimpan justru terkena potongan karena sistem penalty.

Alhasil sekarang ini untuk ambil amannya, saya memilih untuk menggunakan cara ‘tradisional’. Menyimpan emas. Mengapa saya memilih emas ?

emas_batangan_logammulia_antam

1. Range harga yang bervariatif.
Harga terendah masih terjangkau masyarakat umum.

2. Zero inflasi.
Harga emas cenderung meningkat dari tahun ke tahun.

3. Mudah diperoleh dan mudah dicairkan
Outlet / toko emas banyak bertebaran di penjuru daerah, dengan memiliki patokan jual – beli yang kurang lebih sama. Jadi transaksi jual – beli dapat dilakukan dimana saja.

4. Mudah dibawa dan disimpan
Ukuran sekeping emas berat 1 gram hanya sekitar 1 x 2 cm. Jadi ringkas dan bisa kita simpan rapih dimanapun.

5. Bentuknya bisa disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan
Bentuk keping bisa, sebagai perhiasanpun bisa.

PerbandinganInstrumenInvestasi

Lalu dimana saya bisa berinvestasi emas dengan terjangkau, mudah dan aman? Pilihan saya jatuh pada PEGADAIAN.

“Mengapa harus PEGADAIAN? Kan ada tempat lain yang menjual emas.”

Berikut beberapa alasannya :

1. Memiliki berbagai jenis program

Dengan range harga yang sangat luas. Sehingga kita dapat leluasa memilih bentuk kemudahan sesuai kondisi dan kebutuhan kita.

Seperti misalnya 2 jenis program yang saya ikuti, yaitu : Arisan Emas dan Tabungan Emas.

Dalam program tersebut, saya merasa sangat terbantu, karena kemudahan yang ditawarkan tidak membebani perputaran keuangan rumah tangga kelas pas-pas-an seperti saya, setiap bulannya.

β€œApa sih itu Arisan Emas, lalu bagaimana memulainya?”

Arisan Emas serupa dengan arisan konvensional yang biasanya kita lakukan. Setiap bulan kita membayar iuran dengan nominal tertentu, lalu dicari satu orang sebagai pemenang yang bisa mendapatkan uang atau barang yang sudah disepakati, dan seterusnya sampai semua peserta mendapatkan giliran menjadi pemenang.

Dan untuk memulai Arisan Emas itu MUDAH BANGET ! :

β€’ Cukup melakukan akad (perjanjian jual beli)*
β€’ Mengumpulkan 1 group arisan terdiri dari 5 orang
β€’ Fotocopy Kartu Identitas anggota
β€’ Isi formulir, dan taraaaaaa dalam waktu sekejap kita sudah sah menjadi nasabah PEGADAIAN.

* Yaitu membayar biaya administrasi Rp. 50,000,- saja atau dengan angsuran pertama dari perhitungan angsuran.

β€œLalu perhitungannya bagaimana?”

Sebagai contoh bila harga emas saat akad adalah Rp. 500,000,- maka untuk angsuran 6 kali (6 bulan), adalah Rp. 83,333,- / bulan yang bentuknya flat tiap bulan, jadi tidak akan berubah sampai dengan angsuran selesai.

Simulasi 1

Akad + angsuran I:
Rp. 50,000,-(administrasi) + Rp. 83,333,- = Rp. 133,333 ,-

Angsuran II – VI:
Cukup membayar Rp. 83,333,- /bulan

Jadi Rp. 83,333,- x 5 kali angsuran = Rp. 416,665 ,-

Total : Rp. 549,998 ,-

Angsuran selesai dalam waktu 6 bulan

— atau —

Simulasi 2

Akad :
Rp. 50,000,- (administrasi) = Rp. 50,000 ,-

Angsuran I – VI : Rp. 83,333,- x 6 kali angsuran = Rp. 499,998,-

Total : Rp. 549,998 ,-

Angsuran selesai dalam waktu 7 bulan

“Trus bayar angsuran harus sampai selesai dulu ya, baru bisa dapat emas?”

Nah nantinya setiap bulan setelah pembayaran angsuran, kita akan mendapatkan 1 keping emas 24Karat seberat 1 gram (lengkap dengan sertifikat ANTAM. Jadi bisa digunakan langsung untuk bahan kocokan arisan deh. Atau bisa juga tetap dititipkan sampai dengan program angsuran Arisan Emas tersebut selesai, untuk kemudian diambil 5 buah keping emas sekaligus.

Coba bandingkan jika kita mengeluarkan uang sebesar Rp. 133,333 ,- atau Rp. 83,333 ,- perbulan untuk hal lain, misal membeli makanan atau baju tentunya akan berbeda nilainya.

β€œWah mudah sekali yaa !”

Iya ! Jadi selain mudah dalam prosesnya, bentuk emas dan jangka waktu yang ditawarkan pada program juga bervariasi. Sangat fleksibel dan bisa disesuaikan dengan kemampuan masing-masing group :

– Pilihan emas yaitu keping emas seberat 1 – 5 – 10 – 25 gram.
– Jangka waktu angsuran yang ditawarkan yaitu 3 – 6 – 12 bulan,

Ada lagi nih yang namanya Tabungan Emas, yang menurut saya juga sangat menarik.

Tabungan Emas

β€œKok lucu, Tabungan Emas. Jadi kita setor ke tabungan kita dalam bentuk emas ya?”

Tidak harus emas, bentuknya seperti tabungan konvensional kok, lengkap dengan buku tabungan dan dilakukan penyetoran uang tunai ke teller Pegadaian. Uang tunai yang kita setorkan akan dikonversi menjadi berat emas sesuai harga resmi pada tanggal penyetoran. Misal harga emas saat saat menyetor tunai adalah Rp. 500,000,- / 1 gram, maka ketika saya menyetor uang Rp. 100,000,- akan dikonversi menjadi berat emas yaitu :

Rp. 100,000,-
—————- x 1 gram = 0,2 gram
Rp. 500,000,-

Jadi 0,2 gram inilah yang akan dicatat dalam buku Tabungan Emas dan begitu seterusnya.

Minimal setoranpun sangat rendah, yaitu uang yang setara dengan harga emas sebesar 0,001 gram pada saat penyetoran. Walaupun nantinya baru bisa dilakukan penarikan bila jumlah tabungan sudah bulat sebesar 5 gram, menurut saya justru akan membantu kita untuk konsisten menabung. Tidak sedikit-sedikit tergoda menggunakanya untuk kepentingan yang belum tentu penting. Nantinya kitapun dapat menarik tabungan tersebut dalam bentuk uang tunai (yang dikonversi dari harga emas per 1 gram saat pengambilan tunai).

Selain keuntungan nilai mata uang dalam tabungan tetap stabil, program ini bisa juga lhoo diperkenalkan kepada anak-anak yang sedang usia sekolah, untuk belajar menabung. Bila harga emas Rp. 500,000,- maka 0,001 gram nya hanya Rp. 5,000,- ! tidak lebih mahal dari uang jajan mereka kan πŸ˜€

Setiap bulan setiap kelompok akan mendapatkan 1 keping emas

Setiap bulan setiap kelompok akan mendapatkan 1 keping emas

2. Layanan purna jual
Saya bilang layanan purna jual dari PEGADAIAN ini sangat baik, kita dibantu sekali dalam alternatif – alternatif kebutuhan kita. Jadi yang masih belum berpengalamanpun jangan takut ya, tinggal sampaikan apa adanya saja kebutuhan kita dengan ramah staff akan membantu.

3. Terpercaya. Keamanan dan kenyamanan
Dikelola oleh BUMN berpengalaman dan diawas oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan)

4. Memiliki banyak cabang dan sumber informasi yang mudah
Total cabang PEGADAIAN adalah 4600 cabang yang tersebar di seluruh Indonesia dan kini kita bisa update info terbaru, atau malah memperoleh banyak hadiah dengan aplikasi Sahabat PEGADAIAN yang bisa didownload langsung di PlayStore atau diakses melalui www.sahabatpegadaian.com

5. Fleksibel dan Buyback yang kompetitif
Pembelian dimulai dari 0,001 gram (Rp. 5.000,-) dan harga penjualan yang kompetitif dari tempat lain.

salah satu surat cinta dari  karena sudah menjadi Sahabat Pegadaian :D

salah satu surat cinta karena sudah menjadi Sahabat Pegadaian :D

Tuhkaan makin kece aja deh PEGADAIAN πŸ˜€ demikian sekelumit cerita saya mengenai menabung sekaligus investasi dari emas, dan masih banyak pengalaman menyenangkan saya menjadi Sahabat PEGADAIAN, jadi tidak perlu ragu lagi untuk bergabung.

childre-sillhoute

Ayoo kita mulai menabung dan berinvestasi dari sekarang. Karena setiap detik begitu berharga untuk dilewatkan tanpa investasi. Demi masa depan yang lebih baik !

If you like it, share it ..
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Standard
All Around

8 Tahun Yang Menyenangkan (Giveaway)

8TahunKopisusu

Hay hay !

Ternyata 8 tahun sudah usia blog ini ya. Happy birthday ya kamu, semoga isinya makin berwarna ~

Hihi jadi agak – agak Melly Goeslaw (Mellow Mellow Gimanagitu Law ~) saat flashback ke belakang apa saja yang sudah pernah ditulis disini. Semua tulisan berdasarkan pengalaman dan perasaan pribadi.

Kalau ditanya kenapa bikin blog? Boleh kan ya cerita sedikit πŸ˜€

Awalnya dulu, percaya atau tidak, saya termasuk orang yang introvert. Bukan karena tidak suka berteman, saya hanya tidak menyukai keramaian. Saya penyendiri dan menikmati habiskan waktu tanpa orang lain. Saya punya banyak teman dekat, tapi kebanyakan tidak mengetahui apa hobi saya, hal apa yang saya tidak suka, apalagi urusan pribadi saya yang lain. Saya bisa seharian hanya menghabiskan waktu di kamar, membaca buku dan majalah, menulis diary, mendengarkan radio.

Kehidupan keluarga saya memang kurang harmonis sejak saya kecil, tetapi Papa dan Mama selalu mencukupi seluruh kebutuhan saya dan adik. Mereka tidak pernah mengurangi hak saya sebagai anak. Hanya saja makin saya dewasa, perbedaan Papa dan Mama makin meruncing dan berujung pada perpisahan, tepat setelah saya lulus SMA. Papa yang saat itu menyampaikan sendiri keputusannya kepada saya, sepertinya memang menunggu moment kelulusan itu agar (mungkin) bermaksud tidak membebani ketika saya masih bersekolah.

Sepeninggal Papa, terus terang rumah yang dulu tidak lagi terasa sama. Tidak ada lagi cangkir kopi Papa di atas meja makan di waktu sarapan. Tidak ada lagi bunyi suara kendaraan yang dipanaskan oleh Papa sebelum kita semua berangkat beraktivitas. Tidak ada lagi acara berenang bersama di akhir minggu. Separuh hidup saya saat itu hilang.

Mama yang belum bisa mengatasi kondisi itu, memilih menjauh dari saya dan adik. Mama berusaha menyembunyikan dukanya dari kami. Hingga kami hanya tinggal berdua saja saat itu. Adik laki-laki saya yang masih duduk di bangku SMP itupun berusaha mengatasi kesedihannya sendiri, dia mencari teman bermain dan dunia di luar rumah dan sering pulang larut malam. Tinggalah saya sendirian menyimpan semuanya dalam – dalam. Saya tidak mampu menceritakan apa yang saya rasa kepada siapapun saat itu.

Sampai di tingkat 3 kuliah ada seorang teman baik, bertanya kepada saya mengapa saya begitu tertutup mengenai hal – hal pribadi. Saat itulah walau dengan kesulitan, saya bisa bercerita sedikit tentang hal – hal yang saya pendam kepadanya. Hal yang tidak pernah saya ceritakan kepada siapapun, perasaan yang tidak pernah saya tunjukkan saat apapun. Dan ‘kepala’ saya menjadi sedikit lebih ringan setelahnya. Saat itu saya baru sadar, bahwa saya tidak mudah bisa dekat dengan siapapun. Tapi saya butuh menceritakan atau meluapkan perasaan saya pada sesuatu. Saya sempat membuat puisi juga untuk Papa Mama di sini

Setelah banyak berpindah media curhat sampailah saya di KOPISUSU ini.

Kalau ditanya lagi, kenapa memilih KOPISUSU? Masih boleh dong ya saya lanjut ceritanya πŸ˜€ πŸ˜€

Saya penikmat kopisusu, sesederhana itu saja. Lalu karena saya merasa hidup ini memang rasanya pahit manis seperti kopisusu. Ditambah lagi dengan wajah saya yang awalnya kelihatan pahit, namun bila lama – lama dipandang akan terlihat manis hahaha. Maka di dunia maya jadilah nama kopisusu ini melekat pada saya, bahkan beberapa teman sampai sekarang masih memanggil saya dengan sebutan kopsus — singkatan dari KOPISUSU.

Yah begitulah sekilas sinetron singkat hidup saya. Dari sini saya mulai punya banyak teman baik, hati saya mulai terbuka. Saya makin senang berkumpul dengan teman, mengisi waktu saling berbagi, bercerita dan menguatkan. Dari teman – teman biasa menjadi teman dekat lalu bersaudara. Kalau para blogger bilang, inilah salah satu berkah ngeblog.

kopisusuquote

Nah untuk memeriahkan ulang tahun KOPISUSU tahun ini, dan untuk lebih mengenal teman – teman, saya membuat mini giveaway yaa, semoga berkenan ikutan.

Cara ikutan :

1. Buat satu artikel yang berisi pengalaman pribadi tentang suatu hal yang merubah hidupmu jadi lebih menyenangkan, lalu cantumkan bahwa artikel tersebut adalah untuk mengikuti giveaway ini dan backlink ke www.kopisusu.org ya

2. Bentuk artikel bebas, tidak ada jumlah batasan kata.

3. Karena tujuannya untuk menambah teman baik, share tentang tulisan tersebut socmed-mu sambil mention ke :

Twitter : @tunjung | FB : www.facebook.com/tunjungs

4. Lalu jangan lupa tinggalkan jejak juga di comment artikel ini ya πŸ˜‰

Akan ada 3 pemenang. Walaupun hadiahnya sih tidak seberapa ya, cuma untuk rame – ramein saja yang diharapkan semua tulisannya nanti bermanfaat lebih, untuk berbagi inspirasi positif bagi pembacanya. Masing – masing pemenang akan mendapatkan voucher makan dimana saja :

– 1 Pemenang : voucher makan IDR 100K + FD Sandisk 8GB
– 2 Pemenang : voucher makan IDR 50K + Starbucks VIA Ready Brew Coffee

16-05-01-14-27-34-875_deco

Tulisanmu ditunggu sampai dengan tanggal 15 Mei 2016, dan pengumuman pemenang tanggal 20 Mei 2016 ya ! Selamat berceritaa πŸ˜€

If you like it, share it ..
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Standard
Daily

4 Cara Cepat Mahir Setir Mobil

car

Melihat perkembangan otomotif di Indonesia sekarang seperti menegaskan bahwa mobil dulu yang merupakan kendaraan mewah kini tidak lagi memiliki posisi yang sama. Kendaraan roda empat ini kini semakin mudah untuk dapat digunakan, ragam kemudahan dalam pembelian unit mobil baik baru maupun bekas dan menjamurnya usaha persewaan dengan syarat dan harga yang masih dapat terjangkau.

Saya sendiri adalah salah satu orang yang beruntung yang sejak kecil dapat merasakan mobil milik orangtua. Selain karena anggota keluarga yang lebih dari 3 orang, alasan orangtua dulu membeli adalah kemudahan transportasi mengingat mereka bekerja dengan jarak tempuh dari rumah ke kantor masing-masing yang cukup jauh. Tapi meskipun begitu, saya tidak pernah bisa benar-benar menyetir mobil sendiri. Dulu semasa SMA saya pernah β€œbisa” menyetir, tapi lalu lebih banyak khawatir di jalan oleh orang tua membuat saya ciut dan lalu urung bisa berlatih hingga lancar, walaupun sudah merasakan sampai lulus kursus menyetir.

Hingga usia saya 35 tahun inilah saya punya kesempatan memiliki mobil β€œsendiri”. Awal-awal ada kendaraan tersebut ada di rumah, saya masih mengandalkan pak suami untuk mengantar bila ada keperluan. Selebihnya saya masih setia melakukan aktivitas dengan motor. Banyak hal yang membuat nyali masih ciut untuk membawanya sendiri, hingga suatu saat saat ketika pak suami harus pergi beberapa lama keluar kota. Merasa aneh sendiri ketika ingin sekedar memanaskan mobil, saya takut untuk salah tekan ini atau itu. Lalu berpikir bagaimana jika ada kondisi darurat dimana hanya saya dan anak sendirian di rumah dan butuh menggunakan mobil, duuh masa saya ndak bisa?

Akhirnya bermodal tekat dan nekat sayapun mulai belajar lagi, ada beberapa pelajaran yang berharga yang didapatkan kali ini. Yang dulu tidak saya lakukan, sehingga saya selalu urung mahir menyetir. Bila ada yang merasa sulit belajar menyetir, mungkin melewatkan hal-hal berikut :

1. Pengajar yang dipercaya
Dulu semasa saya ikut kursus menyetir mobil, pengajarnya selalu berganti-ganti sesuai dengan jadwal mereka. Jadi bila saya tidak bisa mengikuti jadwal salah seorang pengajar, ya saya harus rela diajar oleh pengajar lain yang walau memiliki ilmu sama, tetapi jelas dengan cara melatih yang berbeda. Apalagi dapat pengajar yang kurang ramah atau mudah emosi. Ini salah satu yang menurut saya membuat proses belajar sedikit terganggu, karena kita harus menyesuaikan kembali dengan pengajar yang baru. Belum lagi bila kursus tersebut membawa lebih dari satu orang yang kursus, yang ganteng atau cantik. Haduh grogi nya jadi berpangkat banyak :green:

shakes

Tips saya :
Pilih satu pengajar yang kita percayai sepenuhnya. Dimana kita tidak perlu takut atau jaim dalam berkomunikasi dengannya. Bisa orang yang dekat dengan kita, karena proses menerima hal baru akan menjadi lebih mudah ketika kita mendapatkannya dari orang yang kita percaya. Tetap belajar pada satu orang itu sampai kita benar-benar bisa menyerap dan mempraktekan ilmunya. Belajar pada satu orang akan membuat kita lebih fokus dan konsisten dalam meningkatkan kemampuan.

2. Percaya diri
Tanpa percaya diri jangankan menyetir mobil, berjalan kaki melewati orang lain saja akan terasa kikuk. Harus diingat-ingat motivasi awal mulai belajar, lalu semangati diri sendiri bahwa kemampuan kita tidak dibawah orang lain yang lebih dulu mampu dan lancar menyetir mobil. Saya dulu lebih termotivasi saat melihat nenek sepuh yang menyetir sendiri πŸ˜€

Tips saya :
Kenali diri sendiri, jam berapa biasanya kita merasa bisa untuk belajar. Lalu jadi diri sendiri saja, jangan sungkan apalagi gengsi bertanya bila kita memang belum bisa atau belum tau.

Kenakan pakaian yang nyaman, karena awal belajar kita pasti akan canggung untuk melakukan apapun, seringkali berkeringat walau di dalam mobil yang ber-AC haha. Pakaian yang tidak nyaman akan membuat kita makit sulit untuk melakukan apa-apa.

Gunakan alas kaki yang nyaman, ini penting ! Karna sikap awal kita, akan membentuk kebiasaan kita selanjutnya. Walaupun banyak yang bilang akan lebih mudah memperkirakan injakan pedal gas tanpa alas kaki, namun bila kita terbiasa menggunakan alas kaki saat awal, selanjutnya akan lebih mudah walau kita nantinya kita ingin menyetir dengan alas kaki atau tidak. Tapi tidak sebaliknya, beberapa orang yang saya kenal terbiasa untuk tidak menggunakan alas kaki saat menginjak pedal, maka akan sulit baginya untuk tetap menggunakan alas kaki saat menyetir.

Percaya kepada mobil yang digunakan, ini salah satu pelajaran berharga yang saya dapat kemarin. Sebelum mulai masuk ke dalam mobil, perhatikan dengan seksama bentuk mobil, letak roda, ukuran kaca spion, panjang hidung mobil dan bagian belakang. Lalu ketika masuk ke dalam mobil perhatikan kembali hal-hal tersebut. Sehingga kita bisa memperkirakan sebesar apa mobil kita itu dan sejauh mana kita dapat menempatkannya.

vintage-car-376539_1920

3. Teliti dan lakukan perlahan
Ketika kita sudah mengenali mobil kita, perhatikan batas-batas mobil tersebut. Bila saya berjalan lurus pada tengah ruas jalan perhatikan baik-baik dari dalam pada kaca depan mobil, mana batas kanan – kiri bagian depan lalu siknronkan bagian belakangnya dengan lirik ke spion kanan – kiri. Itu akan mempermudah kita saat harus menepi mepet atau berbelok di tingkungan. Misal, saya memastikan bahwa tidak terlalu mepet keluar dari ruas jalan ketika lihat ke spion kanan – kiri bagian bawah (aspal atau garis marka jalan) maka akan terlihat dimana posisi mobil kita apakah masih di dalam ruas jalan atau sudah keluar.

P_20160419_142324
Ini adalah posisi saya di balik setir, saya buat patokan batas kiri jalan ‘seakan’ ada di tengah lapang pandang depan

Banyak melihat kaca spion kanan, kiri dan belakang. Karena itulah pengganti mata kita untuk melihat kendaraan lain di sekitar kita.

P_20160419_142242
Lirik spion kanan, selama batas mobil kita masih di bagian ‘dalam’ alias tidak melebihi pembatas jalan, berarti posisi kita aman berhadapan dengan kendaraan dari lawan arah.

P_20160419_142328
Lirik spion kiri untuk perkirakan jarak kita dari bahu jalan, biasanya saya gunakan saat ingin menyalip pengendara motor atau pejalan kaki di sebelah kiri.

Tips saya :
Bila kondisi jalanan ramai dan atau kita belum yakin pada kondisi sekitar, berjalanlah pelan sambil memperhatikan depan dan kaca spion. Bila kita berjalan pelan dan ketika tidak sengaja terjadi kecelakaan, efeknya juga tidak akan berat. Dan jangan khawatir, kendaraan lain itu juga dikendarai oleh manusia yang berpikir. Jadi bila bertemu suatu kondisi yang mengharuskan mereka menghindar, bila tidak sial, mereka juga pasti akan menghindar.

Bagi pemula cari tempat parkir yang minimal bisa melakukan kesalahan, misal lebih baik yang lokasinya tidak mendekati pembatas jalan, dinding, atau mobil lain. Bila terpaksa (dan memang harus memaksa diri untuk bisa) parkir di tempat yang terbatas, lakukan perlahan. Tenangkan diri dan tidak perlu terburu-buru, kita tidak akan ditilang kok bila lama dalam memarkir kendaraan. Dalam parkir mundur, saya biasanya akan mengentikan mobil sejenak saat memutar haluan roda, bila kira-kira arah roda yang saya putar sudah sesuai yang saya inginkan, baru saya mulai injak gas lagi untuk mundur.

Saat putar balik di ruas jalan 2 arah, fokus dan tenang melihat sekitar, lalu percaya diri mulai jalan perlahan sambil memberi tanda (kedip lampu jauh) bila jarak kendaraan lain sudah memungkinkan untuk berhenti untuk memberi kita jalan. Abaikan ekspresi pengendara lain yang kesal atau marah karena terpaksa berhenti bila badan mobil kita memotong perjalanannya atau antrian yang mengular. Karena tidak akan lebih dari 2 menit proses kita berputar balik

4. Berani mencoba
Menurut saya ini yang paling berpengaruh pada progres lancarnya menyetir. Saya nekat membawa mobil sendiri setelah 3 kali pertemuan dengan pengajar saya. Dengan membawa penumpang 6 orang, yang berteriak sepanjang jalan πŸ˜€ Walau masih tersengal-sengal injak gas, pindah kopling yang belum halus, dimarahi oleh pengendara lain bila memotong jalan atau berjalan terlalu mepet dengan kendarannya, belum bisa parkir lurus, masih canggung memutar balik atau tarik gas di tanjakan yang curam saya tetap berusaha tenang dan percaya diri. Karena menyetir untuk saya adalah experimental learning, maka harus berani dan banyak berada di lapangan untuk menghadapi langsung adalah cara yang tepat bagi saya agar cepat mahir.

Tips saya :
Patuhi marka atau peraturan lalu lintas – berkendara dan jangan lupa mengenakan safety-belt yaa. Ketika bertemu lampu kuning segera melambat lalu berhenti. Tidak perlu takut dimarahi oleh kendaraan belakang, abaikan suara klakson yang mengintimidasi, karena yang kita lakukan sudah benar.

Jangan takut mencoba medan baru, semakin kita berpengalaman terhadap medan baru akan mempermudah kita lain kali bila menemui medan yang lebih sulit.

Lengkapi diri dengan Surat Ijin Mengemudi. Ketika kita benar dan patuh peraturan, kita tidak khawatir berada di jalan, otomatis akan lebih nyaman berkendaraan.

Nah demikian pengalaman saya dalam belajar menyetir. Hasilnya singkat saja, hanya selang 2 minggu dari pertama mulai belajar saya sudah was wes wuuuss di jalanan. Semoga berguna ya.

Kalau tipsmu bagaimana? Hayuuk mulai belajar ! siapa yang ingin belajar, dengan senang hati saya akan menemani dan belajar bareng .. karena kalau saya bisa, semua pasti bisa ! πŸ˜€

If you like it, share it ..
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Standard